Top Menu

Anak Susah Makan, Atasi Dengan 7 Cara Jitu Ini

Skip Hop

Bagi orang tua saat anaknya kurang nafsu makan, atau saat anak hanya mau makan satu jenis makanan saja pasti sangat khawatir walaupun sebenarnya hal itu wajar. Ada banyak cara yang biasa dilakukan orang tua untuk mengakalinya.

Umumnya, anak susah makan dimulai setelah mereka menginjak usia satu tahun. Pada saat itu, pertumbuhan anak melambat jika dibandingkan masa sebelumnya. Hal ini juga menurunkan selera makannya. Sehingga sering kali yang tampak adalah anak makan lebih sedikit.

Ternyata ada banyak faktor yang memengaruhi nafsu makan anak. Untuk itu, ada beberapa cara meningkatkan nafsu makan yang tentunya dilakukan secara alami, seperti :

1. Pakai alat makan yang menarik
Salah satu cara paling ampuh untuk membuat anak kembali nafsu makan adalah dengan menggunakan alat-alat makan yang menarik. Brand Skip Hop menyediakan produk berupa alat makan bayi yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan anak. Anda bisa beli alat makan bayi dan anak Skip Hop online untuk memudahkan Anda memberi makan kepada si kecil. Semua jenis alat makan bayi bisa Anda temukan di blibli.com yang jual alat makan bayi dan anak Skip Hop terlengkap. Untuk memilih alat makan Skip Hop Anda bisa melihat daftar harga alat makan bayi dan anak Skip Hop di katalog blibli.com. Lebih mudah memberi makan pada anak dengan beli alat makan bayi dan anak Skip Hop.

2. Sajikan menu sehat yang bervariasi
Banyak hal yang menyebabkan anak jadi susah dan bosan makan. Bisa dari rasa makanan yang kurang terasa enak di lidahnya, bentuk dan warnanya yang tidak menarik, atau baunya yang tidak disukai. Semua kendala itu bisa diatasi dengan cara membuat variasi menu makanan, supaya si kecil tertarik untuk melahapnya. Contohnya jika anak tidak suka wortel atau bayam. Anda bisa membuat dimsum wortel, dadar gulung bayam, atau nugget sayur. Memotong sayur lebih kecil dan mencampurnya dengan berbagai bahan makanan lain, kadang membuat anak tidak menyadari makan yang tidak disukainya tersebut. Anda bisa meminta saran anak untuk setiap menu makanan, agar anak lebih semangat untuk makan.

3. Buat waktu makan jadi menyenangkan
Menciptakan suasana makan yang menyenangkan bisa membantu meningkatkan semangat anak untuk makan. Selain mengutamakan makan bersama, jauhkan berbagai hal yang bisa merusak suasana makan, misalnya televisi. Jangan memaksa anak untuk menghabiskan makanannya, biarkan ia makan sesuai dengan keinginannya. Namun juga harus perhatikan seberapa banyak ia makan. Memaksa anak untuk makan, bisa membuat anak semakin malas untuk makan. Anda bisa mengajak anak untuk membantu Anda berbelanja bahan makanan, membantu mencuci atau memotong sayuran, dan membantu menyiapkan makanan. Anak tentu jadi lebih termotivasi untuk menikmati makanan yang ikut dibuatnya.

Itulah tadi 4 tips jitu mengatasi anak yang susah makan, anak susah makan bukanlah perkara yang mudah untuk ditangani. Diperlukan perhatian dan kesabaran ekstra untuk mengatasinya. Namun jika Anda masih belum yakin terhadap asupan gizi anak atau menyebabkan berat badan anak sulit bertambah, maka disarankan bagi Anda untuk berkonsultasi langsung kepada ahli gizi atau dokter spesialis anak.

Untuk memastikan kecukupan gizi anak, orang tua dapat membuat catatan. Tulis seluruh makanan dan minuman yang dikonsumsi anak selama seminggu. Periksa apakah anak telah menerima asupan dari empat kelompok gizi utama yaitu karbohidrat, protein, produk olahan susu, buah dan sayuran. Jika anak Anda masih mengonsumsi makanan dari tiap kelompok gizi tersebut, maka Anda tidak perlu merasa khawatir.

Post a Comment

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates