Top Menu

Bukan Hanya Penyedap, Khasiat Bawang Merah Ampuh Sembuhkan Penyakit

Bwang Merah

Seberapa sering kalian mengonsumsi bawang merah ? Salah satu bumbu dapur ini memang sering menemani olahan hidangan, yang menyedapkan masakan. Dari kita kecil pun, pasti sudah mengenal bawang merah. Namun tahukah kamu, bahwa bawang merah tidak hanya berfungsi untuk penyedap masakan. Justru bawang yang pedas ini, sangat ampuh untuk menyembuhkan penyakit. Yuk, kita simak khasiat bawang merah berikut.  

Keunggulan Dari Bawang Merah

1. Melancarkan Sirkulasi Darah
Bawang merah atau yang juga bernama Allium cepa var Aggregatum ini, memiliki kandungan yang dibutuhkan untuk kelancaran sirkulasi darah. Kandungan tersebut ialah zat besi, potasium, serta tembaga. Bawang merah memiliki kandungan zat besi sebanyak 1.2mg, sedangkan untuk kandungan potasium sebanyak 334 mg. 

Seluruh kandungan tersebut, sangat mampu merangsang produksi dari sel darah merah dalam tubuh. Dengan kelancaran produksi sel darah merah, tentu membuat sirkulasi darahnya pun semakin lancar. Kelancaran sirkulasi darah sangat berefek pada seluruh tubuh, hal ini karena sel darah akan mengantarkan oksigen yang diperlukan oleh setiap organ manusia.

2. Meredakan Tekanan Stress
Ketika mengalami tekanan pikiran yang terlalu besar dan sering, maka syaraf – syaraf dalam tubuh kita pun mengalami penegangan. Syaraf yang tegang bisa berakibat buruk bagi jalannya organ tubuh, maupun pada stabilitas mental seseorang. Oleh karena itu, diperlukan zat yang mampu memberikan efek rileksasi seperti zat piridoksin. 

Zat ini terkandung dalam barang merah, sehingga khasiat bawang merah dapat dikatakan ampuh untuk meredakan setres. Bawang merah memiliki cukup banyak kandungan mineral, serta zat aktif piridoksin yang sangat bermanfaat untuk mengurangi setres. Dengan kandungan ini pula, mampu menenangkan syarat dan membuat tubuh menjadi lebih rileks. 

3. Mengontrol Kadar Gula
Ketika seseorang memiliki penyakit Diabetes, maka hal yang perlu diperhatikan adalah kandungan gula pada setiap makanannya. Penyakit Diabetes merupakan penyakit gula, dimana kadar gula dalam tubuh harus berada di tingkat senormal mungkin. Salah satu makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi penderita penyakit gula adalah, bawang merah. 

Dilansir dari Harapan Rakyat, bawang ini memiliki kandungan allium dan allyl disulfide, sebuah senyawa fitokimia yang bersifat anti-diabetes. Senyawa ini tentu sangat penting, dalam perannya yang mampu mengatur serta mengontrol kadar gula di dalam tubuh kita. Dengan rutin mengonsumsi bawang merah, maka dapat meringankan diabetes.

4. Mengendalikan Kolesterol
Tidak hanya mengontrol kadar gula, khasiat bawang merah selanjutnya adalah sebagai bahan yang mampu mengendalikan kolesterol. Kolesterol merupakan sebuah penumpukan lemak di pembuluh darah, dan menghambat aliran darah. Jika sudah mengalami penyumbatan, maka diperlukan enzim yang mampu mengendalikannya.

Enzim tersebut merupakan senyawa allicin, yang berfungsi untuk produk enzim reductase. Dengan memproduksi enzim reductase, maka mampu mengontrol serta mengendalikan kadar kolesterol di dalam tubuh. Sehingga bagi anda yang ingin mengendalikan lemak di dalam tubuh, ada baiknya untuk rutin mengonsumsi bawang merah. 

5. Menekan Hipertensi
Satu lagi manfaat bawang merah, adalah mampu menekan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hipertensi merupakan kondisi dimana tekanan darah yang selalu tinggi, dan jantung dipaksa untuk memompa lebih keras keseluruh tubuh. Tentunya kegiatan jantung yang terus bekerja sangat keras ini, bisa menimbulkan berbagai penyakit lainnya. 

Tidak perlu bingung membeli obat penurun tekanan darah, nyatanya bawang merah pun memiliki khasiat utuk menekan tekanan darah tinggi. Bawang ini kaya akan allicin, dan mengandung potasium. Kedua senyawa inu adalah vasodilator, dimana memiliki fungsi untuk meningkatkan pelepasan nitrat oksida tubuh. Nitrat inilah, yang mampu menekan serta mengurangi tekanan hipertensi anda. 

6. Mencerdaskan Otak
Khasiat bawang merah semakin lengkap, dengan kemampuannya untuk mencerdaskan otak kita. Apabila barang merah telah diberikan kepada anak sedari kecil,maka bumbu dapur ini mampu membantu mengoptimalkan fungsi otak. Bawang merah memiliki asam gamma-aminobutyric, dimana asam tersebut berfungsi sebagai neurotransmitter. 

Jika anda tidak paham tentang apa itu neurotransmitter, zat tersebut merupakan kandungan yang bekerja sebagai penghubung antara otak ke seluruh syaraf. Sehingga dengan memberikan zat neurotransmitter ke dalam tubuh, dapat meningkatkan kecerdasan otak, serta mengoptimalkan fungsi dari otak sebagai pengendari tubuh. 

Bawang merah memang merupakan bahan dapur yang sudah tidak asing lagi bagi kita, bahkan bisa jadi kita sering melihat dan mengonsumsinya setiap hari. Meskipun memiliki kandungan yang luar biasa untuk tubuh, namun bawang merah sangat tidak dianjurkan bagi seseorang yang menderita gangguan pendarahan. Jika kamu ingin mengonsumsi bahan dapur ini, maka pastikan tidak ada gejala pendarahan pada diri sendiri maupun teman atau keluarga anda. 

Post a Comment

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates