Top Menu

Teknologi Whatsapp Pay Kirim Uang Semudah Kirim Foto WA

Whatsapp Pay

Pada Tahun kemarin, WhatsApp menginformasikan peranan mentransfer uang melalui service WhatsApp Payments atau WhatsApp Pay. Service ini tawarkan keringanan dapat kirim uang segampang kirim chat. 

Di India, WhatsApp Pay sedang dalam proses kesepakatan otoritas ditempat, serta gagasannya sah melaju tahun ini. Berita paling baru mengatakan Indonesia bisa menjadi negara selanjutnya yang akan dikunjungi service ini. 

Di bawah ini ialah serba-serbi serta perjalanan WhatsApp Pay mulai dari perjumpaannya, sampai gagasan berekspansi ke Indonesia, seperti dirangkum detikINET dari beberapa sumber, Rabu (21/8/2019). 


WhatsApp Payments Dikeluarkan 

Februari 2018, WhatsApp wujudkan feature pembayaran di aplikasinya. Tetapi service ini belum dengan global, tetapi baru ada di India. Kedatangan feature yang waktu itu disebutkan WhatsApp Payments juga (terakhir disebutkan dengan WhatsApp Pay) masih juga dalam versus beta. 

Tetapi, WhatsApp berusaha memperluas feature pembayaran ini ke beberapa negara dengan setahap. Adanya feature ini, pemakai bisa mengirim uang ke pemakai WhatsApp lain. 

Kedatangan WhatsApp Payments tidak lepas dari sudah terintegrasinya Unified Payment Interface (UPI) yang di dukung beberapa bank di Negeri Bollywood itu, seperti State Bank of India, ICIC Bank, HDFC Bank, sampai Axis Bank. 

Agar bisa nikmati service WhatsApp Payments, pemakai perlu masuk ke sisi 'Settings'. Kemudian, diteruskan verifikasi nomer telephone lewat SMS serta pilih bank. Pilihan Payments selanjutnya akan ada di interface penting WhatsApp. 

WhatsApp Pay versus beta bisa up-date pertama di Januari 2019. Photo: Justin Sullivan/Getty ImagesUpdate Pertama WhatsApp Pay 

WhatsApp tingkatkan potensi service pembayaran digitalnya. Usaha itu terlihat dengan diluncurkannya up-date untuk WhatsApp Pay pada Januari 2019. 

Dalam up-date pertama pada WhatsApp Pay versus beta itu, WhatsApp mengenalkan feature autentikasi jadi susunan keamanan penambahan. Feature itu dikeluarkan pada beta up-date WhatsApp versus 2.19.3. 

Pembaharuan ini berlaku untuk piranti Android. Mengenai versus minimum dari skema operasi yang diperlukan untuk memperoleh feature itu ialah Android Marshmallow, serta tentu saja piranti harus mempunyai pemindai sidik jari. 

Feature autentikasi itu dapat memakai sidik jari yang telah tercatat pada hp atau masukkan sidik jari baru lewat aplikasi. Peranan itu sama dengan yang diaplikasikan pada Google Pay serta Samsung Pay. 

Visi Zuckerberg: Transfer Uang Segampang Kirim Photo 

Semenjak dikeluarkan di India pada Februari 2018 sampai Mei 2019, WhatsApp Pay masih juga dalam waktu eksperimen. Service ini belum dapat lakukan pembayaran di merchant, masih hanya transfer uang. Tetapi, jumlahnya pemakainya cukup sudah menyenangkan, di rata-rata 1 juta orang. 

Dalam keynote di acara pertemuan F8, CEO serta pendiri Facebook Mark Zuckerberg, mengatakan dia benar-benar semangat menyongsong usaha pembayaran mobile sebagai sisi dari visi perusahaannya. Dia ingin transfer uang lewat service mobile berjalan benar-benar gampang buat pemakai. 

"Saya yakin keringanan kirim uang ke satu orang akan sama dengan dengan kirim photo," ucap Zuck waktu itu. 

Service transfer uang lewat WhatsApp juga disebutkan Zuck akan ada juga di beberapa negara tidak hanya India. Tetapi belumlah ada info di negara mana serta kapan peluncurannya. 

"Kami sedang mengujicoba di India sekarang di WhatsApp, kami mengharap meluncurkann di sejumlah negara lain pada suatu waktu, tetapi saya tidak mau buka jadwalnya. Ini ialah suatu yang kami lakukan dengan aktif," pungkasnya. 

Punyai Tempat di London 

Masih di bulan Mei 2019, Facebook merencanakan jadikan London, Inggris jadi pusat peningkatan dompet digital WhatsApp. 

Minimal akan ada 100 orang sebagai karyawan pertama di kantor WhatsApp Pay. Berarti, divisi usaha ini memerlukan team yang relatif kecil bila dibanding dengan team pokok aplikasi WhatsApp. 

Sejumlah besar engineer software WhatsApp akan dipekerjakan di London, sesaat beberapa staf operasional akan berada di kantor pusat Facebook Eropa yaitu di Dublin, Irlandia. 

"WhatsApp ialah service yang betul-betul mencapai global, serta team ini akan menolong kami menyiapkan WhatsApp Pay serta feature hebat yang lain untuk pemakai dimana-mana," kata COO WhatsApp Matt Idema. 

Post a Comment

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates